Laman

Rabu, 13 Januari 2010

PNPM-MD Kecamatan Benar Alami Keterlambatan

Masyarakat membangun jembatan desa dengan PNPM-MD. Di Kecamatan Bener Purworejo, pekerjaan prasarana ini banyak mengalami keterlambatan. (Foto : Gunar
Pelaksanaan program nasional pemberdayaan masyarakat untuk masyarakat perdesaan (PNPM-MD) di wilayah Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo mengalami keterlambatan. Dari 28 desa yang melaksanakan program ini, baru 13 desa yang sudah selesai dan telah melaksanakan pertanggungjawaban pelaksanaannya.

“Sedang 15 desa lainnya belum selesai pelaksanaan,” ujar Camat Bener Setiyadi SSos saat musyawarah pertanggungjawaban dana badan kerjasama antardesa (BKAD) tahun 2009 dan penyerahan dana sosial tahun 2008/2009, serta musyawarah antargesa (MAD) sosialisasi PNPM-MD tahun 2010 di kantor kecamatan setempat, Rabu (13/1).
Menurutnya, keterlambatan penyerapan dana PNPM-MD, khususnya yang digunakan untuk pembangunan prasarana, jika memang kendalanya alam seperti banjir dan lainnya, tidak masalah. Namun bagi desa yang tidak ada masalah apa-apa agar segera diselesaikan. “Saya mohon pada pelaku PNPM-MD agar dapat membatu dan mendorong desa-desa yang belum selesai melaksanakan program ini. Paling tidak sampai tanggal 20 Januari 2010 ini harus sudah selesai,” katanya.
Hasil kegiatan PNPM-MD tahun 2009 ini kata Setiyadi, setelah selesai lalu dipertanggungjawabkan penggunaan dananya, untuk kemudian hasil pekerjaan itu akan diserahkan menjadi aset masyarakat. “Jadi kalau sudah diserahkan, harus dirawat dan akan lebih baik jika dikembangkan karena sudah menjadi aset masyararakat,” jelas Setiyadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar