Laman

Kamis, 27 Januari 2011

Perspektif Dasar Tentang RBM (Ruang Belajar Masyarakat)

Apakah RBM itu?
  •       Kegiatan untuk merangsang dan mengembangkan ide, cara, proses serta hasil belajar kolektif guna meningkatkan harkat dan derajad masyarakat
Apa dasar berpikir pendekatan RBM?
  • Pengembangan diri dan masyarakat terjadi melalui relasi serta interaksi yang intens diantara manusia dan manusia dengan lingkungannya
  • Masyarakat senantiasa dinamis, berubah serta memiliki pengalaman unik pada setiap tempat baik secara sosial, budaya, maupun ekonomi
Apa saja dimensi belajar dalam konteks RBM?
  • Terjadinya perubahan perilaku
  • Pengetahuan, sikap dan kebiasaan baru
  • Perubahan terjadi karena pengalaman
  • Pengalaman baru adalah treatment program RBM
Bagaimana RBM dikembangkan?
  • Kondisionalisasi artinya diberikan rangsangan melalui kegiatan pendukung (treatment program)
  • Kontekstualisasi artinya pengembangan belajar berdasarkan masalah dan  lingkungan masyarakat sendiri
  • Replikasi artinya dapat dikembangkan di tempat lain
  • Modeling artinya mengembangkan pembelajaran dengan contoh-contoh
 Apakah syarat pokok pengembangan ruang belajar?
  • Adanya basis komunitas/kelompok
  • Fokus dan tematis
  • Bermula dari pengalaman partisipan
  • Berproses melalui pendekatan hadap masalah dan potensi lokal
  • Didukung para kader yang andal
Apakah esensi dasar RBM?
1.  Mengkonstruksi
  • Membangun keterkaitan antar unsur
  • Pemahaman berasal dari pengalaman

    2. Inquiry
    • Tidak sekedar mengamati tetapi menjalani
    • Berpikir secara kritis atas kenyataan
    • Memecahkan masalah yang dihadapi

      3. Drive
      •      Kelompok inti RBM mendorong, membimbing dan mengembangkan model
      4. Masyarakat Belajar
      • Sekelompok orang yang terikat dalam kegiatan belajar
      • Belajar bersama lebih baik daripada belajar sendiri
      • Saling bertukar pengalaman (hasil melakukan) bukan pengamatan
      • Saling berbagi ide
      5. Modeling (Pemodelan)
      •       Proses menampilkan contoh agar orang lain berpikir, bekerja dan belajar
      6. Refleksi
      • Cara berpikir tentang apa yang telah dipelajari (ide, pengetahuan baru, pengalaman baru, pemahaman baru)
      • Merekam apa yang telah dipelajari (ide, pengetahuan baru, pengalaman baru, pemahaman baru)
      • Memformulasi (membuat bulletin, karya seni, diskusi kelompok)
      7. Authentic Assessment (Penilaian yang Sebenarnya)
      • Evaluasi pengalaman dan pemahaman
      • Penilaian performance
      • Penilaian capacity
      • Trust building
      • Sinergy
       Apakah capaian perubahan perilaku partisipan setelah bergabung dengan RBM?
      • Sadar dan sengaja
      • Kontinuitas
      • Fungsional
      • Positif
      • Pro aktif
      • Bertujuan dan terarah 
      • Holistik/menyeluruh

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar