Laman

Senin, 31 Januari 2011

PNPM-MD Buka Lapangan Kerja Rakyat Miskin


Mbah Sarah, warga miskin Tlogoguwo menerima bantuan kambing dari PNPM-MD yang diserahkan Drs Tri Handoyo MM. (Foto: Gunarwan
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Masyarakat Perdesaan (PNPM-MD) di Kabupaten Purworejo, berhasil membuka lahan pekerjaan baru bagi rakyat miskin. Melalui program ini pula, di wilayah Kecamatan Kaligesing Purworejo sebagian dari surplus dana kegiatan usaha dibantukan kepada rumah tangga miskin (RTM) dalam bentuk kambing.

“Surplus dana kegiatan ekonomi tahun 2010 mencapai Rp 442.206.427. Dari jumlah itu 15 persennya disalurkan kepada RTM berupa bantuan sosial.  Untuk peningkatan kesejahteraan, dana itu dibelikan 28 ekor kambing dan dibagikan kepada RTM,” ujar penanggungjawab umum PNPM-MD Kaligesing H Pracoyo SSos menjelang peresmian PNPM-MD tahun 2010 di Desa Tlogoguwo, Kaligesing, Senin (31/1).
Pembiayaan pelaksanaan PNPM-MD Kaligesing tahun 2010 menurut Pracoyo sebesar Rp 1,5 miliar yang berasal dari dana bantuan langsung masyarakat (BLM) pemerintah pusat. Dari dana itu sebagian dialokasikan untuk kegiatan simpan pinjam.
“Dari simpan pinjam ini sebagian besar untuk kegiatan usaha masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan,” katanya.
Dijelaskan pula, untuk kegiatan bidang ekonomi khusus kelompok perempuan dan usaha ekonomi produktif, tercatat ada 220 kelompok dengan jumlah pemanfaat 2.683 orang. “Modal yang dipinjamkan digulirkan lagi kepada kelompok masyarakat, sehingga sampai akhir tahun 2010 dana ini sudah berkembang menjadi Rp 3,4 miliar lebih,” katanya.
Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Sekda Purworejo Drs Tri Handoyo MM yang mewakili bupati menandaskan, PNPM-MD merupakan upaya pemerintah untuk memberdayakan masyarakat melalui kegiatan pembangunan desa. “Program ini diharap mampu memacu pertumbuhan ekonomi, mendorong kemajuan diberbagai bidang kehidupan yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar