Laman

Selasa, 23 Maret 2010

PNPM-MD KEC.BENER KAB.PURWOREJO


Pemberian bantuan dana bergulir APBN dan APBD Tahun Anggaran 2009 yang ditalangi PNPM-MD telah berhasil dilaksanakan untuk pembangunan desa-desa di Kecamatan Bener Kabipaten Purworejo. Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) yang untuk TA.2009 khusus Kecamatan Bener mendapat alokasi dana sebanyak 2 Milyar Rupiah tersebut telah berhasil di sebarkan ke seluruh desa-desa di kecamatan Bener melalui proses komptetisi. sehingga seuruh desa membuat proposal-proposal pembangunan sehingga dari PNPM-MD tinggal menilai proposal yang diajukan dan Keputusan akhir tetap berada di Musyawarah Antar Desa (MAD) yang dihadiri oleh seluruh wakil-wakil desa untuk menentukan prioritas-prioritas usulan mana yang kan didanai.

Untuk TA.2009 dari 28 desa yang terdapat di Kecamatan Bener PNPM-MD Kec.Bener dapat mengalokasikan anggaran 2 Milyar tersebut kepada ke-28 desa yang ada. Semua usulan meliputi bantuan fisik (Sarana Prasarana, Pendidikan, Kesehatan, Keterampilan) maupun BantuanEkonomi yaitu Pinjaman Modal melalui Simpan Pinjam Kelompok Perempuan(SPKP).  Setiap desa berhak mendapatkan 2 bantuan yaitu SPKP dan satu bantuan fisik.
Bantuan yang masuk ke desa sepenuhnya dilaksanakan oleh Masyarakat desa yang diwakilkan kepada Tim Pelaksana kegiatan (TPK) yang telah ditunjuk. Sehingga TPK mempunyai tugas dan tanngung jawab untuk melaksanakan pembangunan yang telah disusun RABnya oleh PNPM-MD. Seperti halnya yang telah ada yaitu di Desa Nglaris TPK melaknanakan tugasnya dalam pembuatan gedung TK yang telah diusulkan masyarakat desa setempat. Dan pada akhirnya TPK bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut yang dari PNpM-MD ditargetkan 1 bulan harus sudah selesai. TK di Desa Nglaris sangat dibutuhkan karena ditujukan untuk memaksimalakan pendidikan anak-anak yang ada di Desa Nglaris karena TK yang sudah ada (juga merupakan bantuan dari PNPM) tidak mencukupi kebutuhan sehingga p erlu dibangun satu gedung TKyang baru. Tanggapan dari warga juga sangat antusias dan senang sekali akan bantuan yang telah diberikan PNPM-MD Kecamatan Bener. Dan mereka merasakan sekali manfaat yang dirasakan semenjak adanya Program Pemerintah  ini yang PNPM_MD sudah ada di Kecamatan Bener sejak dari tahun 2003 sampai saat ini dan direncanakan akan terus ada sampai dengan tahun 2015. Semoga PNPM-MD terus mendapat tempat di hati masyarakat.(arie/penlok/bener)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar